Perbedaan POP mail dan WEB mail

POP MAIL

 pop mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Ountlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.
Kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

WEB mail

logo

WEBmail adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifat AplikasiWeb, pemakai Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer untuk akses Internet. Penyedia jasa Webmail gratis pun cukup banyak tersedia karena mereka dapat menyediakan halaman Web yang akan sering dikunjungi pemakainya, dengan imbal balik berupa pemasukan dari iklan.

Macam-macam Web mail

     Yahoomail

Yahoo_Mail

Yahoo! Inc.merupakan sebuah perusahaan publikAmerikadengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News,iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, danwebsitemedia sosial dan jasa.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.

 

     Gmail

gmail-inbox

Gmail adalah layanan webmail gratis yang disediakan oleh Google. di jerman, Gmail secara resmi di sebut sebagai Google Mail. Gmail beta di luncurkan pada April 2004, dan menggunakan sistem “undangan” untuk proses pendaftarannya. di Februari 2007, siapapun bisa mendaftar Gmail tanpa harus diundang oleh pengguna Gmail. Pada juli 2009, status Gmail di-upgrade dari beta dan memiliki 146 juta pengguna. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 7350 MB.

    Hotmail

download

Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail, merupakan layanan e-mail berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group. Layanan e-mail berbasis web gratis ini diprakarsai oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. Didanai oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson, Hotmail merupakan salah satu pioneer penyedia layanan e-mail berbasis web gratis. Nama asli dan kapitalisasi layanan e-mail gratis satu ini, yaitu HoTMaiL, berasal dari kata HTML (HyperText Markup Language), bahasa pengkodean yang digunakan oleh World Wide Web (www). HoTMaiL kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 senilai $ 400 juta, dan tak lama setelahnya, layanan e-mail gratis ini berubah nama menjadi MSN Hotmail. Versi kini dari layanan e-mail gratis ini, Windows Live Hotmail, secara resmi diumumkan pada 1 November 2005 dan dirilis di seluruh dunia pada 7 Mei 2007.

Windows Live Hotmail memiliki fitur penyimpanan yang tidak terbatas, pengamanan dengan hak paten, teknologi Ajax, dan integrasi dengan Windows Live Messenger, Spaces, Calendar, SkyDrive, dan Contacts. Menurut comScore (Agustus 2010), Windows Live Messenger merupakan layanan e-mail berbasis web terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna sekitar 364 juta. Sedangkan posisi kedua dan ketiga dipegang oleh Yahoo! Mail dengan 280 juta pengguna, dan Gmail dengan 191 juta pengguna. Windows Live Hotmail tersedia dalam 36 bahasa yang berbeda. Pengembangan Hotmail memiliki basis di Mountain View, California. Ketika Hotmail Corporation masih berupa perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Sunnyvale, California.

     GMXmail

unnamed

GMX Mail atau Global Mail Exchange adalah layanan e-mail gratis yang merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh United Internet, sebuah perusahaan layanan internet milik Jerman yang mendirikan GMX Mail pada tahun 1997. GMX Mail merupakan sebuah perusahaan saudara dari 1 & 1 Internet dan Fasthosts Internet. Layanan GMX Mail sudah mendukung POP3, IMAP dan SMTP, serta dapat terintegrasi dengan perangkat-perangkat mobile (handphone, smartphone, PDA, tablet). GMX Mail dapat diakses dengan menggunakan browser Firefox, Internet Explorer, Safari maupun Opera. Selain itu GMX Mail bekerja pada system web sehingga tidak memerlukan download dan dapat bekerja di belakang firewall. GMX Mail kompatibel untuk digunakan dengan operating system seperti Windows, Mac OS / Mac OS X, ataupun Linux.

Dapat di simpulkan bahwa:

  • Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
  • POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3.
    POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.

>> Perbedaannya sebagai berikut :

  1. Dalam membuka pesan yang masuk yang sudah dibaca, POP mail bisa offline sementara Webmail harus tetap tersambung ke jaringan internet (online).
  2. Kapasitas email yang ditampung dalam Webmail terbatas sementara POP mail tidak terbatas, jadi pengguna Webmail harus cukup rajin menghapus email yang dirasa sudah tidak perlu/SPAM.
  3. Webmail jalan aksesnya dalam bentuk halaman web sedangkan POP mail melalui aplikasi seperti Outlook Express, Thunderbird..
  4. Karena jalan akses POP mail melalui aplikasi, otomatis aplikasinya harus ter install dulu di PC sementara untuk Webmail sudah cukup dengan tersedianya akses internet.
  5. POP mail lebih lambat dalam penerimaan pengiriman sementara Webmail lebih cepat

Tinggalkan komentar